Kamis, 06 Desember 2012

beberapa fitur baru di photoshop



Hai sobat Newbie, setelah sebelumnya kita pelajari tentang fitur baru di Photoshop CS5, kali ini saya akan share tentang fitur baru yang ada di Photoshop CS6.

Photoshop CS6 mempunyai tampilan yang lebih elegan dengan warna skin hitam, enak dipandang mata (menurut saya hehe). Oya, saat tutorial ini dibuat, saya menggunakan Photoshop CS6 Portable Pre-Release.


Kalau anda belum punya CS6, Silahkan anda download dulu, banyak yang share kok, dan ukurannya juga nggak lebih dari 150 MB (Portable).

Oke, kita langsung saja, apa sih yang baru dari Photoshop CS6 ini? Fitur barunya bernama “Content Aware Move Tool” cukup panjang juga ya..hehe. Tapi eh tapi, kalau anda menggunakan yang versi Portable Pre-release, namanya tool-nya sedikit berbeda. Di versi Pre-release ini sebutannya adalah “Remix Tool”,meskipun demikian fungsinya adalah sama, yang membedakan hanyalah namanya sajaOke, terus dimana sih posisi menunya dan apa sih fungsinya?

 
Baiklah, sekarang anda udah tau letaknya, nah berikutnya, apa fungsinya dan bagaimana menggunakannya? Sama, seperti posting saya sebelumnya tentangContent Aware di Photoshop CS5, tapi di Remix Tool/Content Aware Move Tool ini juga menggunakan proses analisis terhadap gambar yang di edit. Fungsi fitur ini lebih canggih lagi ketimbang Content Aware. Seperti namanya Content Aware Move Tool, fitur ini berfungsi memindahkan objek dari tempatnya semula.

Aduh, sebenarnya saya ribet jelasin pake kata2, hehe. Bagaimana kalau kita langsung praktek aja. :D oke! Lets cekidot!


Oke, gambar diatas saya ambil dari internet, sebagai contoh aja. Saya akan memindahkan letak pohonnya di tempat yang berbeda.

Pertama-tama langsung aja pilih Remix Tool/Content Aware Move Toolkemudian seleksi seluruh bagian pohon tersebut beserta bayangannya (kalau ada)


Berikutnya yang akan kita lakukan adalah menggeser objek yang terseleksi tersebut ke tempat baru yang anda inginkan (masih menggunakan Remix Tool)caranya, klik dan tahan, kemudian geser ketempat yang anda inginkan. Tapi sebelumnya lihat menu dibawah menu bar, pastikan posisinya ada di menu “Remix/mode: Move” seperti gambar ini.

 
Tunggu sampai Proses analisis (Remixing) dan taraaaaaaaaaa.. inilah hasilnya.


Tapi gambar diatas hasilnya belum sempurna, yang harus anda lakukan berikutnya adalah merubah Adaptationnya. Dimana itu? Lihat pada menu lanjutan dibawah menu bar.


Di menu ini ada 5 pilihan, antara lain: Very Strict, Strict, Medium, loose, dan Very Loose. Pada intinya, kelima menu ini menentukan tingkat ketajaman tepi pemotongan. Very Strict itu sangat tajam, begitu seterusnya ke bawah, ke Very Loose yang artinya sangat Halus/lembut.

Untuk merubah adaptation ini, pastikan abjek masih ada dalm keadaan terseleksi. Kalau sudah kita lihat lagi hasilnya.

Sekarang kita masuki proses penyempurnaan, lokasi awal mungkin saja tidak sempurna, banyak cacat2nya.


Lihat gambar diatas, cacatnya saya tandai dengan tanda panah, seperti garis pantai dan jalan yang tidak sejajar, dan tanah di lokasi semula terlihat sedikit beraspal. So, mari kita sempurnakan.


Baiklah, kita mulai dari garis pantainya terlebih dahulu. Pertama yang akan kita lakukan mensejajarkannya. Pada tool Box, pilih menu Remix Tool lagi. Dan pada menu lanjutan dibawah menu bar, pilih mode Remix-nya menjadi Extend. Pilihan extend befungsi sesuai namanya yaitu perpanjangan, artinya saat kita menseleksi objek dengan Remix Tool ini, makan objek tersebut akan menjadi sampel, dan akan mengganti daerah dimana lokasi yang hendak kita gantikan menjadi sesuai dengan sampel.



Sekarang kita seleksi/jadikan sampel garis pantainya, lihat gambar dibawah ini.


Saya menggunakan nilai adaptation: Medium. Setelah saya geser, kira2 hasilnya menjadi seperti ini.


Tampak lebih sejajar bukan.?! Silahkan ada atur sendiri foto yang anda edit. Oke berikutnya, kita beralih ke cacat berikutnya, yaitu daerah bebatuan tadi.


Dibagian ini anda bisa menggunakan Content Aware, Stamp Tool, dan Sejenisnya. Tapi disini saya masih memanfaatkan fitur barunya. Yaitu Patch Tool, dan di menu lanjutan saya pilih Content Aware.


 
Dan inilah hasilnya..


Lakukan hal yang sama secara berulang ke semua bagian yang ingin diperbaiki. Maka hasil akhirnya menjadi seperti ini:


Oke, sekian untuk tutorial kali ini, besok lanjut lagi. Udah Azan Ashar tuh, Sholat dulu yaaa…

0 komentar:

Poskan Komentar